Sabtu, 03 November 2012

ABG Rawan Osteoporosis


ABG Rawan Osteoporosis

Apakah kalian tau ABG(Anak Baru Gede) juga dapat terserang osteoporosis? Mungkin diantara kalian banyak yang tidak percaya. Karena yang kalian tau, osteoporosis umumnya menyerang orang yang berumur di atas 50 tahun atau Manula.

Apakah osteoporosis itu? Dan mengapa ABG juga rawan terkena osteoporosis?  Dan jawabanya adalah….

Osteoporosis merupakan gangguan dangan karakter kepadatan massa tulang yang menurun karena adanya gangguan struktur ada jaringan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan mempermudah terjadinya fraktura khususnya di daerah panggul, tulang belakang dan lengan.


Osteoporosis biasanya jarang menunjukan gejala bahkan tidak sama sekali, akan tetapi gejala awal osteoporosis umunya ditandai dengan munculnya rasa sakit khususnya di daerah punggung yang diikuti dengan fraktura tulang belakang sehingga menimbulkan rasa sakit yang hebat.

Meningkatnya resiko ABG terkena Osteoporosis berhubungan dengan gaya hidup yang diterapkan ABG pada saat ini. Misalnya kecenderungan ingin memiliki tubuh yang langsing, Suka merokok, mengonsumsi alcohol dan enggan terkena oleh sinar matahari.

Banyak ABG ingin terlihat langsing sehingga akhirnya enggan untuk minum susu dengan alasan takut gemuk. Remaja putrid umumnya enggan terkena sinar matahari dengan alasan takut kulitnya menjadi hitam, Hal ini menyebabkan kekuranga vitamin D. Kebiasaan merokok yang sudah menjadi hal umum di lingkungan ABG juga menjadi penyebab osteoporosis, karena Nikotin yang terdapat pada rokok dapat menyerap cadangan kalsium pada tubuh, Begitu juga dengan mengonsumsi alcohol.

Apabila gaya hidup yang diterapkan ABG masih seperti itu, bahkan tidak mau menerapkan gaya hidup sehat dengan Gizi seimbang, maka akan dikhawatirkan ABG akan menjadi generasi osteoporosis dalam dua puluh atau tiga puluh tahun yang akan datang.

ABG membutuhkan kalsium sekitar 1000 mg parhari dan Vitamin D sekitar 400-800 IU perhari. Apakah kalian ingin termasuk generasi Osteoporosis? Tentu saja tidak kan? Maka mulailah dari sekarang menerapkan gaya hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan kalsium dan Vitamin D setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar